Ticker

6/recent/ticker-posts

[RECAP] Batu Local Guides Anniversary Camp 2022

 


Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu, 8 Januari 2022, kami mengadakan acara istimewa Batu Local Guides Anniversary Camp 2022. Dalam acara ini, kami mengadakan dua acara sekaligus. Yang pertama, adalah dalam rangka merayakan HUT ke-5 Batu Local Guides yang jatuh pada pada tanggal 8 Januari 2022. Yang kedua, syukuran atas terpilihnya saya sebagai salah satu Guiding Stars 2021. Kebetulan, di hari yang sama, salah satu anggota kami, mbak Susy, juga berulangtahun. 

  

Pada hari pertama acara, yaitu Sabtu tanggal 8 Januari 2022, kami merencanakan bertemu di Kota Batu, untuk kemudian beriringan menuju ke lokasi acara,.Peserta dari arah Malang, berjanjitemu di Alfamart, yang terletak di  Jl. Raya Dieng No.01 Kel, Sidomulyo, Kota Batu. Dari sini, kami tinggal mengambil jalan pintas menuju lokasi tanpa perlu melewati pusat Kota Batu yang terkadang macet. Sekitar jam 1 siang, semua peserta yang dari arah Malang sudah berkumpul di titik ini. Sebagian beristirahat dan mengecas handphone. Sebagian lagi berbelanja kue dan keperluan lainnya untuk berkemah nanti. Perlahan, kami pun beriringan menuju lokasi, sambil mengabarkan kepada peserta lainnya yang ada di Kota Batu untuk berangkat. Sesuai rencana, sekitar jam 2 siang kami sampai di lokasi parkir yang juga menjadi titik loket Wisata Goa Pandawa. Camping ground bisa ditempuh dengan berjalan kaki sampai puncak bukit, atau memakai sepeda motor. Sebagian barang yang cukup berat kami angkut dengan beberapa sepeda motor. Sementara barang lain yang lebih ringan, dibawa berjalan kaki menuju lokasi camping. Satu persatu, peserta sampai di lokasi camping. Tenda-tenda pun mulai didirikan. Saat-saat seperti inilah yang selalu kami tunggu. Bergembira bersama mendirikan tenda dan menyiapkan api unggun. Anak-anak terlihat bersuka ria berlarian di sekitar lokasi. Cuaca siang itu cukup bagus. Beberapa peserta yang sedang dalam perjalanan meminta dipandu utnuk menuju lokasi, karena ternyata navigasi melalui Google Maps tidak diarahkan ke rute sebenarnya. Alhamdulillah, beberapa peserta, baik yang memakai sepeda motor maupun mobil, akhirnya bisa sampai juga di lokasi. 
 
Sore hari setelah semua tenda berdiri, saya mengajak semua peserta berkumpul di tengah-tengah camping ground. Sesuai kebiasaan, kami membentuk lingkaran yang semua peserta harus masuk dalam lingkaran tersebut. Tidak ada newbie, tidak ada master. Tua muda, semua dalam posisi yang sama. Satu persatu, peserta mulai berhitung sambil memperkenalkan diri. Saya tidak sempat merekam momen seru tersebut. Semoga ada peserta yang merekam dan membaginya di sini. Setelah berhitung selesai, kami berkelompok dalam beberapa grup, untuk kemudian berfoto bersama. Hujan mulai turun, dan semua peserta segera berteduh ke dalam tenda masing-masing. 
 
Setelah cukup beristirahat dan membersihkan diri, malam harinya kami berkumpul kembali di tengah-tengah lokasi acara. Api unggun sudah menyala untuk menghangatkan badan di suasana yang cukup dingin. Di arah bawah, terlihat indahnya gemerlap Kota Batu yang sangat menarik untuk difoto. Dalam acara sederhana ini, saya menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada semua anggota, yang telah berkontribusi bersama Batu Local Guides hingga tahun kelima ini. Selain itu juga saya merasa sangat berbahagia, karena telah terpilih menjadi salah satu Guiding Stars 2021. Ini bukan prestasi saya pribadi, tapi ini adalah berkat kerja keras dan upaya yang luar biasa dari seluruh anggota Batu Local Guides. Tanpa dukungan semua anggota, mungkin saya tidak akan mendapatkan pencapaian ini. Berikutnya, kami memberikan ucapan selamat ulangtahun kepada mbak @Susydiah. Semoga bertambahkanya umur dan tetap menjadi bagian dari komunitas ini, bisa terus menebar kebaikan dan memberikan kontribusi yang bermanfaat buat orang lain. Acara malam itu ditutup dengan pemotongan tumpeng nasi kuning, dilanjutkan dengan pemotongan kue, yang dibagikan kepada seluruh anggota yang hadir. Setelahnya, peserta bebas beraktifitas hingga waktu istirahat tiba. 

Pada hari kedua, sebagian peserta bangun lebih awal untuk berburu matahari terbit.Suasana pagi itu sungguh indah. Hamparan kabut tipis masih terlihat menyelimuti lereng-lereng gunung dan perbukitan di bawahnya. Di ufuk timur, matahari mulai timbul menyinari bumi. Peserta pun berebutan mencari posisi terbaik untuk mengabadikan momen indah tersebut. Meski saya bangun lebih lambat, tapi masih kebagian foto indah di beberapa titik. Sebagian peserta mulai membersihkan diri dan sarapan dengan menu bekal masing-masing.     
 
Setelah puas berburu matahari terbit, kami kembali berkumpul untuk mengikuti refleksi perjalanan komunitas Batu Local Guides selama lima tahun berjalan. Dalam pertemuan kali ini, seluruh anggota dipersilahkan untuk mengajukan usulan terkait meet-up yang akan diadakan berikutnya agar semakin memberikan nilai tambah komunitas Batu Local Guides di masa-masa mendatang. 

Beberapa usulan menarik yang disampaikan oleh anggota adalah sebagi berikut :  
- Untuk menjaga kebugaran, perlu diadakan olahraga bersama anggota secara rutin
- Perlunya diadakan kegiatan sosial dalam skala yang lebih besar
- Dengan beragamnya kemampuan anggota, perlu diadakan sharing berbagi ilmul
- Menambahkan tema wisata religi ke dalam agenda meet-up
Semua usulan tersebut ditampung dan akan dituangkan dalam jadwal meet-up ke depan. Pelaksanaanya dikembalikan kepada seluruh anggota untuk menjadi host meet-up yang dapat direncanakan bersama @Annisa1208 yang ditunjuk sebagai koordinator meet-up, dan @Ita11 sebagai koordinator kegiatan sosial. 

Acarapun diakhiri dengan berfoto bersama di depan tanda dengan kamera 360. Agar lebih seru, pose foto ini saya komandoi untuk miring ke kiri, miring ke kanan, dan pose lucu lainnya. Belum lengkap rasanya kalau acara meet-up Batu Local Guides belum berfoto seru seperti ini. Saya sampaikan terimakasih kepada semua yang hadir. Sampai bertemu kembali di meet-up berikutnya. 









Posting Komentar

0 Komentar